Berikut Tanda Seorang Anak Sudah Sembuh dari Covid-19

Kamis, 08 Juli 2021 - 13:08 WIB
loading...
Berikut Tanda Seorang Anak Sudah Sembuh dari Covid-19
Dengan perhatian dan perawatan khusus, memungkinkan anak untuk sembuh lebih cepat. / Foto: ilustrasi/getty
A A A
JAKARTA - Isolasi mandiri (Isoman) merupakan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan apabila anak terinfeksi Covid-19. Umumnya anak mengalami gejala ringan bahkan tanpa gejala (OTG) serta tidak terlalu banyak membutuhkan perawatan medis.

Baca juga: Kisah Perjalanan Nia Ramadhani, dari Bintangi Sinetron hingga Tak Bisa Kupas Salak

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta mencatat pada 17 Juni 2021 ada sebanyak 661 kasus Covid-19 pada anak usia 0-18 tahun dan sebanyak 144 di antaranya adalah kelompok anak di bawah lima tahun (balita).

Meski demikian, dukungan dan perawatan tetap perlu diberikan oleh orang tua maupun pengasuh kepada anak. Sebab dengan perhatian dan perawatan khusus, memungkinkan anak untuk sembuh lebih cepat. Biasanya proses isolasi mandiri pada anak bisa berlangsung lebih dari dua minggu, namun biasanya penyembuhan bisa berjalan lebih cepat tergantung pada kondisi kesehatan sang anak.

Merangkum dari laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Kamis (8/7/2021), berikut tanda jika seorang anak sudah sembuh dan dinyatakan selesai isolasi mandiri.

1. Umumnya gejala Covid-19 akan hilang selama 14 hari.

2. Dianjurkan melakukan pemeriksaan swab ulang 10-14 hari setelah H1 gejala atau setelah swab pertama positif (Jika tidak bergejala).

3. Bila tidak bisa melakukan pemeriksaan swab, maka disarankan isolasi mandiri 10 hari + 3 hari setelah bebas gejala.

Baca juga: Protokol yang Wajib Diperhatikan saat Anak Isoman di Rumah

4. Pada penderita dengan gejala berat atau pasien kronik, umumnya masa menular lebih panjang, sehingga dokter yang akan menentukan kapan seseorang selesai melakukan isolasi mandiri.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2899 seconds (0.1#10.140)